Cara Mendidik Anak di Rumah Sedini Mungkin

cara mendidik anak di rumah sedini mungkin


Cara Mendidik Anak di Rumah Sedini Mungkin

Cara Mendidik Anak di Rumah Sedini Mungkin – Setiap orang tua tentu ingin anaknya bisa menjadi pintar ketika masuk sekolah. Karena itu, banyak orang tua yang mendidik putra dan putri mereka sedini mungkin ketika masa pra-sekolah di rumah. Majunya bidang pendidikan dan kemudahan dalam mengakses setiap informasi membuat mereka bisa melakukan pengajaran pada anak dengan lebih mudah.

Namun tentunya harus diketahui umur belajar yang tepat untuk anak, sehingga tidak membebani psikis serta mental mereka. Selain memasukkan anak ke pre-school, sebagai orang tua Anda tetap bisa mendidik anak di rumah dengan menyesuaikan umur serta minat yang mereka miliki.

Menjadi Guru untuk Anak

Anda yang ingin mendidik anak secara mandiri di rumah bisa mempertimbangkan banyak aspek, khususnya usia anak yang dini, yang membuat mereka masih senang bermain daripada belajar. Metode kurikulum dan pembelajaran anak bisa Anda sesuaikan dengan beberapa hal, diantaranya adalah:

a. Usia mendidik anak di rumah yang dimiliki oleh putra dan putri Anda.

b. Ketersediaan waktu yang Anda miliki sebagai orang tua.

c. Sarana mendidik anak di rumah pembelajaran yang ada di rumah.

d. Metode pembelajaran serta kurikulum belajar yang sesuai dengan anak.

e. Kegemaran mendidik anak di rumah dan kecenderungan yang disukai oleh anak Anda.

Dengan mempertimbangkan lima aspek tersebut, Anda bisa melakukan pengajaran di rumah dengan metode montessori. Metode ini sudah banyak digunakan para orang tua dan memberikan hasil yang cukup memuaskan.

Teknik Belajar dengan Gaya Montessori

Mendidik anak di rumah dengan gaya montessori cukup sederhana, yakni dengan memanfaatkan minat yang dimiliki oleh anak serta aktifitas yang mereka sukai. Teknik belajar ini bisa Anda terapkan dengan beberapa proses pembelajaran tersebut, diantaranya:

a. Mengkombinasikan beberapa umur dalam satu kelompok, sehingga dapat memicu kebiasaan belajar yang setara antara satu anak dengan yang lain. Sebagai orang tua, Anda bisa memasangkan anak dengan sepupu atau teman mereka yang sebaya dan membentuk kelompok belajar kecil.

b. Berikan wewenang mendidik anak di rumah untuk mandiri, sehingga anak dapat memiliki motivasi untuk belajar.

Berikan kesempatan, fasilitas, serta keleluasaan pada anak di rumah untuk menujang aktifitas belajar yang mereka lakukan.

c. Ajarai cara melakukan kerja rumah secara mandiri, sehingga anak juga dapat melaksanakan berbagai kegiatan rumah. Cara mendidik anak di rumah ini akan membuat anak bisa melakukan koordinasi serta konsentrasi disaat yang bersamaan.

d. Ajak anak untuk melakukan interaksi dengan benda yang sederhana, dengan begitu anak bisa mengenal berbagai hal yang ada di sekeliling mereka, seperti permukaan dan bentuk benda, aroma, serta ukuran berbagai benda di sekitarnya.

e. Jangan membatasi anak untuk tetap berada di satu ruangan, biarkan anak berpindah dari satu ruangan ke ruangan yang lain bila ia memang menginginkannya. Berikan pendampingan agar mereka tidak mereka tidak mengalami kesulitan saat hendak mendidik anak di rumah melakukan sesuatu.

Metode montessori penting untuk Anda yang ingin memberikan anak keleluasaan untuk belajar dan mengembangkan dirinya. Sehingga anak bisa mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki tanpa adanya batasan kurikulum ataupun subjek tertentu.

Montessori akan memberikan pada anak kebebasan belajar sesuai dengan minat dan ketertarikan yang mereka miliki, sehingga pengembangan minat dan bakatnya bisa diasah sejak kecil. Tentunya cara mendidik anak di rumah tetap bisa dilakukan oleh orang tua yang paling sibuk sekalipun. Luangkan waktu di akhir pekan untuk belajar bersama anak dan melihat perkembangan yang mereka lakukan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendidik Anak di Rumah Sedini Mungkin "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel